No Excuse

Penghargaan terhadap orang lain dimulai dari penghargaan terhadap diri sendiri ;)

Aku tak habis pikir tentang seseorang yang dengan segenap hati merelakan nyawa bagi orang yang dikasihinya. Rasanya seperti menonton film klasik tentang cinta sejati. Lantas bagaimana dengan orang yang merelakan hatinya demi orang yang dikasihi?
There’s no excuse for someone to hurt us.
Tidak ada alasan yang memperbolehkan kita disakiti oleh orang lain, termasuk orang yang kita cintai sekalipun. Jika memang kita mereasa tersakiti, maka jika kita menyayangi diri kita sendiri, maka hendaklah kita yang mengambil inisiatif untuk menyelamatkan diri kita dari rasa sakit hati. Jika kita memang menghargai diri kita sendiri, maka kita tidak akan membuat alasan-alasan yang membantu orang lain untuk merendahkan kita.
Karena diri kita, seperti yang digambarkan dalam Kejadian 1: 28, merupakan gambar rupa Allah, terlalu berharga untuk dinilai secara fisik. Kita terlalu berharga untuk direndahkan secara fisik.
Namun, kebanyakan orang belum mengimani hal ini. Banyak yang masih merasa rendah diri dan ‘terlalu’ lembek menghadapi hal ini. Kita dengan sengaja membiarkan oknum-oknum tertentu berbicara atau memanggil kita seolah-olah kita ini lebih rendah kodratnya daripada dia.  Perangi! Jangan biarkan ada orang yang memperlakukan kita dengan tidak wajar, dan anehnya, kita merasa baik-baik saja dengan hal itu.

Karena penghargaan terhadap orang lain dimulai dari penghargaan terhadap diri sendiri.

0 comments:

Post a Comment