Down To Earth

Roda kehidupan selalu berputar :)

Aku percaya, masalah ada untuk mengajarkan kita sesuatu. Begitu juga dengan berbagai kemampuan lainnya. Baik itu untuk melatih, untuk menguatkan, bahkan untuk mengajar. Ketika kehidupan bergejolak, seringkali kita kalut dan ikut diombang-ambingkan oleh kehidupan.
Berbeda dengan kehidupan manusia lainnya, pengikut Kristus tidak selalu berjalan di atas jalan yang rata tanpa batu atau kerikil tajam yang menyebar di sana-sini. Malah seringkali jalan yang kita lalui itu kasar, tidak rata, bergelombang, penuh lika-liku, tikungan di sana-sini, bahkan terkadang kita tidak melihat ujung jalan itu.
Namun, setiap kali kita merasa terbebani dan merasa bahwa tidak ada lagi jalan yang terbuka, percayalah, bahwa Tuhan selalu bekerja di balik semuanya. Mungkin kita tidak melihat-Nya secara langsung. Tetapi Dia bisa menolong kita, melalui teman-teman yang menemani kita saat kesepian. Melalui orang tak dikenal yang membantu kita untuk mengangkat barang yang berat, bahkan yang rela hati mendahulukan kepentingan kita. Orang-orang seperti ini tidak kita temui setiap hari.
Satu yang pasti, Dia takkan pernah kehabisan cara.
Saudara yang ingin melupakan masa lalunya, yang menurut Saudara keras dan suram. Tidak patut untuk dikenang. Namun, masalah seperti itu justru membuat kita semakin menyadari, bahwa tanpa Tuhan, hidup kita tidak ada artinya. Tanpa penyertaan dan karunia-Nya, kita tidak akan bisa menjadi sebagaimana kita saat ini.
Hal-hal yang buruk membuat kita menjadi lebih rendah hati. Membuat kita selau mengingat siapa dan apa posisi kita di dunia ini. Membuat kaki kita terikat sehingga tidak terangkat dairi tempat kita berpijak.

Roda kehidupan selalu berputar. Kita tidak tahu, apakah roda akan berputar dengan cepat atau malah lambat. Ataukah tiba-tiba direm atau malah digas. Namun, selama kita yakin bahwa Pengemudi kehidupan kita berkompeten, selama kita mempercayai-Nya, dan kita tahu, siapa yang mengendalikan kehidupan kita, serta berpegangan erat kepada-Nya, maka kita tidak akan terjatuh, walau kita sendiri sendiri tidak tahu bagaimana mengendalikannya.

0 comments:

Post a Comment